Cara Setel dan Memperbaiki Velg Motor
Halaman 1 dari 1
Cara Setel dan Memperbaiki Velg Motor
Jangan sepelekan velg motor Anda. Jika bagian itu kurang mendapat perawatan, paling tidak dua bagian yang terkena dampaknya. Mau tahu! Kalau tidak, laher roda rusak, dan kembang ban habis tidak merata. "Kibat putaran roda sudah tidak sempurna lagi," ungkap Didit Fahruzi, spesialis setel velg di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Menurut Didit, pengertian velg rusak adalah ada bagian yang lonjong dan speleng alias tidak lurus (center) dengan teromol, sementara jenis jari-jari saja, lanjutnya, ada beberapa macam. Jari-jari besi, aluminium, dan model palang (velg racing), semuanya beda cara penanganannya.
Kalau jari-jari bawaan pabrik (standar), cukup setel ulang kekencangannya. Lain hal jika sudah jadi angka 8 akibat kecelakaan, sebaiknya diganti. Adapun untuk jari-jari aluminium yang lebih padat dan kaku dari yang besi, jadi mengencangkannya harus kuat.
Lain lagi dengan velg racing (casting wheel). Di sini ada dua kategori, bawaan pabrik dan yang variasi. Bawaan motor, menurut Didit, lebih keras, sedangkan variasi lebih lunak.
Tidak lurusnya velg racing dikarenakan bibir velg cacat dan palangnya ada yang bengkok. Untuk meluruskannya, kata Didit, bengkelnya tidak menggunakan alat, tapi dengan cara manual, yakni diketok dengan pakai balok kayu.
Seumpama rusaknya parah dan bahan velg keras, sebelum diketok, dipanaskan lebih dulu secukupnya. Saran Didit, memanaskannya pakai api gas elpiji. Panasnya stabil dan apinya kecil merata.
Perlu diketahui, untuk velg racing, bila sudah diperbaiki, hasilnya tidak bisa kembali sempurna 100 persen.
Menurut Didit, pengertian velg rusak adalah ada bagian yang lonjong dan speleng alias tidak lurus (center) dengan teromol, sementara jenis jari-jari saja, lanjutnya, ada beberapa macam. Jari-jari besi, aluminium, dan model palang (velg racing), semuanya beda cara penanganannya.
Kalau jari-jari bawaan pabrik (standar), cukup setel ulang kekencangannya. Lain hal jika sudah jadi angka 8 akibat kecelakaan, sebaiknya diganti. Adapun untuk jari-jari aluminium yang lebih padat dan kaku dari yang besi, jadi mengencangkannya harus kuat.
Lain lagi dengan velg racing (casting wheel). Di sini ada dua kategori, bawaan pabrik dan yang variasi. Bawaan motor, menurut Didit, lebih keras, sedangkan variasi lebih lunak.
Tidak lurusnya velg racing dikarenakan bibir velg cacat dan palangnya ada yang bengkok. Untuk meluruskannya, kata Didit, bengkelnya tidak menggunakan alat, tapi dengan cara manual, yakni diketok dengan pakai balok kayu.
Seumpama rusaknya parah dan bahan velg keras, sebelum diketok, dipanaskan lebih dulu secukupnya. Saran Didit, memanaskannya pakai api gas elpiji. Panasnya stabil dan apinya kecil merata.
Perlu diketahui, untuk velg racing, bila sudah diperbaiki, hasilnya tidak bisa kembali sempurna 100 persen.
muqliz ramadhan- Junior Member
- Jumlah posting : 31
Points : 92
Reputation : 5
Join date : 30.11.09
Age : 33
Lokasi : Sawangan Depok Indonesia
Similar topics
» Usir Karat di Leher Knalpot Motor
» Velg Ringan dan Sokbreker Gas buat Motor
» Ini Dia Komponen Favorit di Motor
» Nih, Pemicu Ban Motor Cepat Rusak
» Perawatan Motor Injeksi Lebih Murah
» Velg Ringan dan Sokbreker Gas buat Motor
» Ini Dia Komponen Favorit di Motor
» Nih, Pemicu Ban Motor Cepat Rusak
» Perawatan Motor Injeksi Lebih Murah
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Sat Feb 01, 2014 4:07 pm by Iwan Nirwana
» MAULID NABI DAN KONTROVERSI MAKNA BID'AH
Mon Jan 06, 2014 4:12 pm by Iwan Nirwana
» Bacaan Melihat dan Melewati Iringan Jenazah
Sat Jan 04, 2014 6:34 pm by Iwan Nirwana
» 1.2 TRILIUN RUPIAH HANYA UNTUK KEMBANG API
Thu Jan 02, 2014 6:41 pm by Iwan Nirwana
» lintas alam FKPI
Thu Dec 26, 2013 11:54 pm by Kalila
» all sahabat-sahabat
Sat Sep 08, 2012 1:24 pm by agussonisetiawan
» Kisah Si Pitung Jagoan Betawi
Fri May 04, 2012 10:42 pm by Tamu
» Tips mempercepat koneksi internet anda
Fri Apr 13, 2012 1:47 pm by Sharingan Eyes
» Download lagu2 islami
Fri Apr 13, 2012 1:42 am by Iwan Nirwana