Bikin Lancar Grip Gas Motor yang Seret
Halaman 1 dari 1
Bikin Lancar Grip Gas Motor yang Seret
Paling enggak enak, saat mengendarai motor, putaran gas (grip) seret. Apalagi ketika hendak menyalip, tentu butuh tenaga mesin yang didapat dengan memutar grip. Akibatnya, suara mesin terkadang meraung ketika genggaman tangan tidak memegang erat grip gas.
Grip gas bisa seret disebabkan kurang perawatan. Biasanya, air hujan yang jadi biang penimbul karat. Karena kurang terlumasi bikin putaran grip gas tidak lancar. "Grip gas macet saat hujan bukan hanya dialami Jupiter MX saja, tapi merek lain. Makanya, perlu dicek meski hanya sebatas melihat," ujar Maman Sugiman, kepala instruktur Sekolah mekanik Hartomo Mechanical Training Center (HMTC).
Disarankan cek seperti celah di seputar rumah grip, terutama lekukan pipa besi yang ujungnya disarungi. Sebab kalau air meresap dan bersarang di kabel gas, putaran balik grip jadi berat, kata Boim - sapaan akrab Maman.
Bekas karat atau kerak yang sudah lama menumpuk di sarang kabel gas akan memperburuk keadaan. Akibatnya, bukan cuma seret, piston skep ogah balik alias nyangkut dan suara mesin pun meraung. Kalau sudah begini, bagian tersebut disarankan untuk dicuci dan dilumasi. Ingat, jangan pakai oli bekas karena terdapat kotoran.
Kemudian, sekalian periksa pegas pembalik piston skep atau katup kupu-kupu. Lalau, pastikan cuk dalam kondisi bebas alias enggak nyangkut. Sebab, cuk dalam posisi "ON" memungkinkan bodi karbu ada titik air akibat suhu sekitar dingin ditambah hujan.
Grip gas bisa seret disebabkan kurang perawatan. Biasanya, air hujan yang jadi biang penimbul karat. Karena kurang terlumasi bikin putaran grip gas tidak lancar. "Grip gas macet saat hujan bukan hanya dialami Jupiter MX saja, tapi merek lain. Makanya, perlu dicek meski hanya sebatas melihat," ujar Maman Sugiman, kepala instruktur Sekolah mekanik Hartomo Mechanical Training Center (HMTC).
Disarankan cek seperti celah di seputar rumah grip, terutama lekukan pipa besi yang ujungnya disarungi. Sebab kalau air meresap dan bersarang di kabel gas, putaran balik grip jadi berat, kata Boim - sapaan akrab Maman.
Bekas karat atau kerak yang sudah lama menumpuk di sarang kabel gas akan memperburuk keadaan. Akibatnya, bukan cuma seret, piston skep ogah balik alias nyangkut dan suara mesin pun meraung. Kalau sudah begini, bagian tersebut disarankan untuk dicuci dan dilumasi. Ingat, jangan pakai oli bekas karena terdapat kotoran.
Kemudian, sekalian periksa pegas pembalik piston skep atau katup kupu-kupu. Lalau, pastikan cuk dalam kondisi bebas alias enggak nyangkut. Sebab, cuk dalam posisi "ON" memungkinkan bodi karbu ada titik air akibat suhu sekitar dingin ditambah hujan.
muqliz ramadhan- Junior Member
- Jumlah posting : 31
Points : 92
Reputation : 5
Join date : 30.11.09
Age : 33
Lokasi : Sawangan Depok Indonesia
Similar topics
» Evolusi Shock Absorber Motor yang Kian Keren
» Perawatan Motor Injeksi Lebih Murah
» Roda Belakang Skutik Seret, Nih Biangnya
» Ini Dia Komponen Favorit di Motor
» Nih, Pemicu Ban Motor Cepat Rusak
» Perawatan Motor Injeksi Lebih Murah
» Roda Belakang Skutik Seret, Nih Biangnya
» Ini Dia Komponen Favorit di Motor
» Nih, Pemicu Ban Motor Cepat Rusak
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Sat Feb 01, 2014 4:07 pm by Iwan Nirwana
» MAULID NABI DAN KONTROVERSI MAKNA BID'AH
Mon Jan 06, 2014 4:12 pm by Iwan Nirwana
» Bacaan Melihat dan Melewati Iringan Jenazah
Sat Jan 04, 2014 6:34 pm by Iwan Nirwana
» 1.2 TRILIUN RUPIAH HANYA UNTUK KEMBANG API
Thu Jan 02, 2014 6:41 pm by Iwan Nirwana
» lintas alam FKPI
Thu Dec 26, 2013 11:54 pm by Kalila
» all sahabat-sahabat
Sat Sep 08, 2012 1:24 pm by agussonisetiawan
» Kisah Si Pitung Jagoan Betawi
Fri May 04, 2012 10:42 pm by Tamu
» Tips mempercepat koneksi internet anda
Fri Apr 13, 2012 1:47 pm by Sharingan Eyes
» Download lagu2 islami
Fri Apr 13, 2012 1:42 am by Iwan Nirwana